rindusyurgaku

hidup akan lebih berarti bila dapat menjadi bagian orang lain

Kekuatan Memberi Sesuatu

An example of Allāh written in simple Arabic c...

An example of Allāh written in simple Arabic calligraphy. (Photo credit: Wikipedia)

Bismillahirrahmanirrahiim,

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh,

Fitrah manusia merupakan makhluk sosial,

yang pada dasarnya tidak lepas dari aktivitas berinteraksi dengan sesama manusia maupun lingkungan sekitar. Kegiatan sosial tersebut diantaranya berupaya kegiatan memberi pelayanan kepada yang membutuhkan, dari memberi nasehat kepada yang tidak mengetahui, memberi manfaat kepada yang berhak menerimanya, hingga menanamkan makna-makna kebaikan dalam jiwa setiap orang.

Konsep memberi tak hanya bisa dilakukan dalam bentuk uang /sedekah,

tetapi ternyata banyak hal lain yang bisa kita lakukan untuk hal itu. pertanyaannya sekarang adalah, kenapa kita harus memberi ? Ada beberapa hal yang bisa didapat dari Memberi ini, yaitu, efek positif pada orang yang kita bantu baik secara emosi, fisik, bahkan keuangan. Selain itu,  kita juga bisa melihat potensi dari sepenuhnya, dan mendapatkan kepuasan batin dan kebahagiaan dalam membantu orang lain.

Sebelum memberi

Namun, Sebelum membantu orang lain, seyongyanya kita terlebih dahulu membantu diri sendiri, karena justru ini yang sering terlupakan, seperti mengidentifikasikan kelemahan-kelemahan diri sendiri dan memenuhinya. kelemahan ddiri sendiri akan berkurang secara berlahan-lahan ketika diri kita mempunyai niat dan usaha untuk memperbaiki.  Untuk memudahkan hal tersebut, buatlah daftar masalah-masalahnyan. Karena kunci menuju kekuatan Memberi adalah Memberi sesuai potensi kita.

Memberi apa saja yang diperlukan oleh orang-orang yang kita cintai untuk tumbuh menjadi lebih baik dan berbahagia karenanya. Dalam hal ini kita bisa belajar kepada orang pecinta sejati, apa yang ia lakukan hanyalah mengenal satu pekerjaan besar dalam hidupnya : Memberi ! Niatnya hanyalah terus-menerus Memberi. Karena ia percaya satu kebaikan yang dilakukan selalu menumbuhkan kebajikan-kebajikan yang lain. Para pecinta sejati tidak suka berjanji, tetapi, begitu mereka memutuskan mencintai seseorang, maka mereka segera membuat rencana : Memberi !

Setelah mereka bekerja dalam diam dan sunyi, untuk mewujudkan rencana-rencananya itu, lalu merealisasikannya maka satu bibit cinta akan muncul bersemi dalam hati. kenapa pecinta sejati tidak suka berjanji, karena berjanji menerbitkan harapan sedangkan memberi memberikan kepercayaan. Gambaran orang yang suka memberi dan tidak suka, adalah air menggenang dan air mengalir. Seperti pepatah arab, “Inni ra’aytu wuquf al ma’yufsiduhu in saala thaba wa’in lam yathib”. Sesungguhnya aku saksikan air yang berhenti itu keruh dan jika mengalir ia akan jernih “. Maka, alirkanlah apa yang kita miliki pada orang lain, niscaya itu akan membawa kebaikan bukan hanya pada oranag lain tetapi juga pada diri sendiri.

Memberi kepada orang lain, sesungguhnya adalah membuat diri sendiri menerima sesuatu yang sering kali jauh lebih besar dan berharga dari yang diberikan. Tidak ada orang yang jatuh miskin karena memberi. Seperti halnya yang di berikan oleh kawan-kawan ilmu pengetahuan, sampai ketrampilan. memberi memberikan rasa empeti pada sesama yang memang diciptakan Allah SWT untuk saling mengasihi serta sarana untuk menjaga tali silaturrahiim dalam kehidupan modern yang semakin mengerucut pada titik individulisme.

Memberi menumbuhkan kepedulian yang melahirkan rasa nyaman di hati.
Kita yang aktif di berbagai organisasi sosial di Hongkong seperti MDZ Ilham, yayasan PTB, hingga relawan yang aktif di Dhuafa Hong kong. mereka ikhlas meluangkan waktu, tenaga dan fikiran untuk berjihad di jalan Allah SWT. kalau mereka mau bisa saja waktu libur yang cuma satu kali dalam seminggu digunakan untuk tamasya , tidur , jalan-jalan dll. namun faktanya, mereka tepiskan kepentingan pribadi hanya untuk melayani kawan-kawan BMI, bahkan untuk kemajuan kampung halaman dengan berbagai program, salah satunya yatim piatu, perpustakaan dll.

Memberikan yang tetbaik buat kemajuan bersama dengan saling melengkapi. Berbagai kegiatan positif disediakan dari yang bersifat religi, saling menjatuhkan, memojokkan, memenfaatkan dan menonjolkan sesuatu yang bersifat materialistis, jauh dari ajaran agama Islam yang penuh damai dan kesederhanaan .

Memberi menumbuhkan kepedulian yang melahirkan rasa nyaman dihati. Menumbuhkan rasa syukur, ketika kita mampu membantu orang lain. Bahwa Allah SWT memberikan kepercayaan pada kita untuk menggunakan segala anugrah yang ada dengan sebaik-baiknya. Waktu kita untuk diisi dengan kegiatan positif yang membawa manfaat , harta benda kita gunakan untuk membantu yang lemah / tidak mampu , pengetahuan kita bagikan pada orang yang tidaktau sehingga tidak tersesat dalam mencari makna hidup dalam kehidupan .

Sumber : Iqro

August 16, 2012 - Posted by | Motivasi Diri | , , , , , , , , , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mif19.tea's Blog

Just a Little Scientific Inspiration 4 You

KITa Call Indonesia

Seruan di Ufuk Fajar

Mrs Djones' Journey

Journey through marriage and motherhood~

d2cuthe blog

kesempatan tidak akan datang dua kali

Qalbunsalima's Blog

Hati yang damai, tentram dan sejahtera

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: