rindusyurgaku

hidup akan lebih berarti bila dapat menjadi bagian orang lain

Allah… Hati memanggil-Mu

English: Aghlabid dirham (silver), minted in K...

English: Aghlabid dirham (silver), minted in Kairouan in 202 AH / 817 AD during the reign of the Aghlabid emir Ziyadat Allah I (= Ziyadat Allah ibn Ibrahim) (201-223 AH / 816-832 AD) (Photo credit: Wikipedia)

Bismillahirrahmanirrahiim,

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Seorang hamba yang mengaku cinta kepada Allah terus-terusan meminta sesuatu yang berhubungan dengan dunia. Kendati berkali-kali Allah menanyakan keseriusannya tentang cintanya itu, namun dengan kepandaian manusia berargumentasi, ia tetap mengaku cinta kepada Allah. Bahkan dengan bahasanya yang sangat manusiawi  ia berkata kepada Allah, “wahai Allah karena aku masih hidup di alam dunia ini, kabulkanlah segala hajatku tentang dunia agar dengan dunia aku bisa lebih mendekatkan diri kepada-Mu. dan percayalah, bahwa ketika hajatku pun terkabul, cintaku pada-Mu tak pernah berubah.”

Allah senang tatkala seorang hamba mengaku cinta kepada Allah hingga meneteskan air mata

Allah senang tatkala seorang hamba mengaku cinta kepada Allah hingga meneteskan air mata. bagaimana nyanyian merdu yang selalu ingin Allah dengarkan, sehingga Allah tidak lekas mengabulkan hajatnya. Sebab khawatir jika hajat itu terkabul, ia berhenti menyanyikan lagu cinta di hadapan Allah lagi.

demikianlah apa yang di lakukan Nabi Ibrahim a.s. dan apa yang diperbuat Allah kepada Nabi Ibrahim. Ketika Nabi Ibrahim mengaku cinta kepada Allah membut Allah senang. Namun ketika Nabi Ibrahim memohon seorang anak, Allah mulai khawatir akan cintanya. Akankah nabi Ibrahim masih mencintai Allah jika telah diberikan seorang putra. Maka kemudian Allah membiarkan Ibrahim terus meronta,, menangis dan memohon agar Allah mengabulkan.

Bukankah Allah tega atau tidak kasihan kepada Nabi Ibrahim. Tapi rupanya Allah sangat menikmati ratap dan rintih hamba-Nya itu tatkala memohon. Nabi Ibrahim tak berputus asa, beliau retus saja memohon dengan deraian air mata selama 92 tahun agar Allah menganugerahkan anak kepadanya. Setelah dirasa puas Allah menikmati permohonan Nabi Ibrahim, akhirnya Allah mengabulkan jua permintaanya. namun lagi-lagi Allah ingin melihat, masih seberapa cintakah Nabi Ibrahim kepada diri-Nya setelah permohonannya terkabul.

Kemudian Allah meminta Nabi Ibrahim untuk membuktikan cintanya kepada Allah dengan perintah menyembelih anaknya sendiri. Namun karena Nabi Ibrahim adalah hamba yang konsisten dengan cinta sejatinya, maka tak ada yang dapat mengalahkan cintanya kepada Allah, meski anaknya sendiri. Dilaksanakannah perinta Allah itu sebagai bukti cinta yang tak pernah berubah kepada Allah.

Ismail anak satu-satunya  disembelih oleh Nabi Ibrahim lantaran ia dihadapkan oleh dua pilihan antara cinta Allah dan anaknya hanya sebatas hidup didunia saja, sedangkan kebersamaan dengan Allah akan kekal selamanya. Beliau juga menyadari benar apa yang dimilikinya didunia, jika diserahkan kepada Allah, maka akan Allah kembalikan saat menjalani hidup yang sebenarnya diakhirat nanti. Oleh karena Nabi Ibrahim menyayangi anaknya, maka beliau berkeinginan untuk selamanya dengan untuk hidup selamanya dengan anak tercintanya disyurga kelak. makanya pada saat Allah meminta putranya Ismail, langsung saja beliau serahkan kepada Allah. Demikianlah seseorang yang memiliki kecerdasan spiritual yang luar biasa.

Cara berfikir ummat muslim

Begitupula hendaknya cara berfikir ummat muslim, jika memiliki sesuatu yang sangat disayang, mestinya ia titipkan sesuatu itu kepada Allah, agar ia bisa selalu bersama dengan sesuatu yang ia cintai itu selamanya.

Sebentar lagi hari raya qurban akan datang. Seakan Allah menawarkan kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, dengan siapa ia selalu bersama, maka berkorbanlah untuk orang yang ia cintai.

JIka seseorang sangat mencintai ayah atau ibunya, dan ingin selalu hidup bahagia bersama dengan mereka di alam abadi, niscaya ia akan berkorban untuk ayah atau ibundanya. Atau jika ia sangat mencintai anak atau keluarganya itu, sehingga ia bisa berkumpul bahagia bersama di dalam syurga yang kekal.

Seseorang yang mengaku cinta kepada Allah, akan menganggap remeh semua yang ia miliki, apa lagi saat Allah meminta sebagian harta yang dimiliki, maka tak ada lagi penghambat serta alasan yang dapat menghalanginya untuk memberikan apa yang Allah pinta. Dan hal yang mustahil bagi Allah adalah meminta kepada hamba-Nya sesuatu yang tidak dimiliki hamba itu.

Terkadang banyak sekali alasan manusia untuk tidak berkorban di hari raya qurban. Atau bahkan mereka merasa sayang jika sebagian hartanya untuk membeli hewan qurban, nanti kebutuhan hidupnya akan berkurang. Padahal, bukankah cinta harta yang cintanya lebih ketimbang kepada Allah adalah perbuatan syirik?? Bukankah harta yang dibelanjakan untuk Allah akan dibalas dengan berlipat ganda?? Sungguh, alasan yang dibuat-buat ketika ada seseorang yang mengurungkan niatnya untuk berqorban. Apa yang sama sekali tidak ada niat untuk berkorban. Tidaklah seseorang memiliki orang yang dicintai dan ingin hidup berdampingan selamanya disyurga??

Malah lebih ekstrim lagi, Nabi bersabda bahwa jika seseorang memiliki kemampuan untuk berkorban tapi tidak mau, maka dilarang mendekati tempat shalat Artinya, bahwa qurban yang merupakan ibadah sosial, merupakan bentuk aplikasi dari shalat yang dilakukan. Orang yang sholat tai tidak mau berkorban padahal dia mampu, seolah-olah shalatnya menjadi sia-sia karena tidak mampu membawa kebaikan dan manfaat bagi orang lain.

Karena, itu mari kita sisihkan harta yang kita miliki untuk penganti qorban sendiri atau saudara kita agar berkah hidup ini dan cinta serta iaman kepada Allah senantiasa melekat di sanubari. Sehingga dengan begitu, hidup kita akan selalu dipenuhi rasa cinta dari seluruh penghuni langit dan bumi.

Ya Allah, hati ini memanggil-Mu. Datanglah dalam hati kami melalui korban yang kami hantarkan untuk-Mu, Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Sumber: Pondok Pesantren “Man Ana”

November 5, 2012 - Posted by | Kapsul Motivasi | , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mif19.tea's Blog

Just a Little Scientific Inspiration 4 You

KITa Call Indonesia

Seruan di Ufuk Fajar

Mrs Djones' Journey

Journey through marriage and motherhood~

d2cuthe blog

kesempatan tidak akan datang dua kali

Qalbunsalima's Blog

Hati yang damai, tentram dan sejahtera

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: